Sabtu, 12 April 2014

Mengenal Lebih Dekat BUGIS

Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu budaya yang ada di INDONESIA yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.
Pertama-tama saya ingin tanya, Pernahkah anda mendengar kata BUGIS atau Budaya BUGIS? Jawaban yang muncul pasti bermacam-macam, ada yang bilang
PERNAH,
TIDAK PERNAH,
BISA JADI,

yang mengatakan,
PERNAH "orang ini pasti pernah keSULSEL atau setidaknya berdarah SULSEL" dan yang memilih
TIDAK PERNAH "orang ini pasti gak pernah ke SULSEL atau dia memang gak mau tahu dulunyaaa, tapi sekarang pasti sudah penasaran dan mau tahu karna membuka situs ini hehe..." dan yang pilih BISA JADI "orang ini pasti lagi bingung antara pernah atau tidak". Yupz, dari pada bingung mendingan kita cari tahu.......

Ok, mungkin ada yang bertanya kenapa saya tanya demikian, itu karna kali ini saya akan membawa kalian untuk mengenal lebih dekat BUGIS, atau bisa dikatakan saya akan memperkenalkan Lebih dekat Budaya Suku Saya sendiriYaitu SUKU BUGIS. Perluh diketahui di sini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar Soal BUGIS karna Mbah Wikipedia dapat menjelaskannya beberapa, namun saya akan bercerita dan memberikan solusi bagi anda yang ingin mengenal budaya ini.

Kita mulai dari awal saya mengenal budaya saya sendiri.
Terlahir sebagai seorang dengan keturunan asli bugis "Ayah dan Ibu adalah orang asli bugis" adalah hal yang saya syukuri, karna memiliki budaya yang unik, salah satu keunikannya itu adalah dari struktur bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa indonesia, yang dimana penulisannya itu di dominani oleh garis dan titik, klo di fikir-fikir sejenis bahasa jepang namun ini kelihatannya lebih sederhana. Berikut adalah gambarnya.
AKSARA LONTARA itulah konsonan bahasa budaya bugis, yang sangat berbeda dengan bahasa indonesia.
Melihat gambar di atas, mengingatkanku masa-masa SD, dimana kami diajarkan bahasa daerah kami "KerenKn".  Sejujurnya Pertama Kali mengenal yang namanya budaya itu pada saat SD bukan saat kecil atau sebelum masa sekolah, itu karna orang terdekat tidak terlalu menekankan untuk mengetahui hal ini, karna mereka fikir kami akan tahu sendiri karna budaya ada disekitar kami. Ya, benar saja dengan bertambahnya usia dan rasa keingintahuanpun makin tinggi maka saya pun tahu, Ternyata hal-hal yang selama ini saya lakukan mulai dari bahasa, dan kegiatan-kegiatan yang awalnya difikir itu sih hal biasa yang harus dilakukan, ternyata memiliki makna dan kegiatan tersebut cuman dilakukan di daerahku saja atau satu budaya denganku.

INDONESIA memiliki 1340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010,wah banyak banget, tapi melihat hal ini dan kenyataan yang ada, Ada berapakah dari kita yang sangat mengenal budayanya? klo difikir-fikir, kondisi sekarang kebanyakan dari kita kurang mengenal budaya kita sendiri..

Melihat hal ini terjadi, pernah terlintas difikiran saya untuk mengumpulkan semua informasi tentang suatu budaya khususnya budaya saya sendiri yaitu bugis dalam satu situs, agar masyarakat menjadi lebih tahu tentang budaya bugis. Hal ini saya ingin lakukan, karna saya lihat semakin lama budaya semakin menghilang sehingga kita perlu saling mengingatkan dan saling memberitahukan tentang budaya.

Dengan berjalannya waktu, hal yang dulu saya fikir saya akan lakukan ternyata telah ada di dunia maya,  namun hal ini membuat saya sedikit kesal, karna kenapa baru saat ini saya tahu tentang hal ini setidaknya ada yang memberitahukan. Nah dari kekesalan saya ini lah saya berfikir akan membantu menyampaikan kepada yang lain khususnya yang berdarah bugis agar mereka dapat mengenal budayanya sehingga tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain dan budaya bugispun dapat bertahan hingga masa yang akan datang.

http://www.rappang.com/ inilah situs Ana Ogi atau orang bugis yang dimana situs ini sangat lengkap, jadi jika ingin mencari tahu tentang BUGIS kayaknya situs ini cocok untuk anda, bahkan pertama kali membuka situ ini ternyata masih banyak hal yang saya sendiri belum ketahui tentang budaya saya sendiri dan situs ini menyediakannya "WOW". Kunjungilah situs tersebut dan kalian pasti akan puas karna situs ini memberikan informasi mulai dari sejarah, kegiatan, bahasa, bahkan lagu-lagu yang tidak pernah kalian dengar sebelumnya, terutama yang terlahir di jaman saat ini.

Hal yang membuat saya ingin lebih tahu tentang budaya terutama budaya saya sendiri adalah karna saya fikir Seseorang pantas dikatakan memiliki budaya jika mengenalnya dan mengaplikasikan.Nah bagaimana dengan kalian ???

Mungkin cukup berbaginya kali ini sampai ketemu di Share-Share Selanjutnya...... TERIMA KASIH ^_^

4 komentar:

Cara membuat pakan ayam organik mengatakan...

terimakasih tentang artikel bugis nya

bahan bahan untuk membuat pakan sapi mengatakan...

blog dan arikel nya sangat menarik
terimakasih atas info nya
ditunggu update selanjut nya

Starbio Plus mengatakan...

bagus sanagt menarik untuk di baca
thanxs gan

terus lanjutkan

Cara Jitu Mengatasi WC mampet mengatakan...

sip deh info nya gan

Posting Komentar

 
;